Biografi Imam Ahmad bin Hanbal
Nama: Ahmad bin Muhamad
bin Hanbal bin Hilal bin Asad bin Idris bin Abdullah bin Hayyan bin Abdullah
bin Anas bin ‘Auf bin Qasithi bin Marin bin Syaiban bin Dzuhl bin Tsa’labah bin
Uqbah bin Sha’ab bin Ali bin Bakar bin Wail. Kuniyah: Abu
Abdillah
Nasab beliau: Bapak dan
ibu beliau adalah orang arab, keduanya anak Syaiban bin Dzuhl bin Tsa’labah,
seorang arab asli. Bahkan nasab beliau bertemu dengan Nabi shallallahu ‘alaihi
wa sallam di Nazar.
Kelahiran beliau: Imam Ahmad dilahirkan di kota Baghdad. Ada yang
berpendapat bahwa di Marwa, kemudian di bawa ke Baghdad ketika beliau masih
dalam penyusuan. Hari lahir beliau pada tanggal dua puluh Rabi’ul awwal tahun
164 hijriah. Ayah Imam Ahmad dan kakeknya meninggal ketika beliau lahir,
sehingga semenjak kecil ia hanya mendapatkan pengawasan dan kasih sayang ibunya
saja. Jadi, beliau tidak hanya sama dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
dalam masalah nasab saja, akan tetapi beliau juga sama dengan Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam dalam masalah yatim.
Meskipun imam Ahmad tidak mewaritsi harta dari ayah dan kakeknya, tetapi beliau telah mewaritsi dari kakeknya kemulian nasab dan kedudukan, sedang dari ayahnya telah mewaritsi kecintaan terhadap jihad dan keberanian. Ayah beliau, Muhammad bin Hambal menemui ajalnya ketika sedang berada di medan jihad, sedang kakeknya, Hambal bin Hilal adalah seorang penguasa daerah Sarkhas, pada saat kekhilafahan Umawiyyah.
Meskipun imam Ahmad tidak mewaritsi harta dari ayah dan kakeknya, tetapi beliau telah mewaritsi dari kakeknya kemulian nasab dan kedudukan, sedang dari ayahnya telah mewaritsi kecintaan terhadap jihad dan keberanian. Ayah beliau, Muhammad bin Hambal menemui ajalnya ketika sedang berada di medan jihad, sedang kakeknya, Hambal bin Hilal adalah seorang penguasa daerah Sarkhas, pada saat kekhilafahan Umawiyyah.
Aktifitas beliau dalam menimba
ilmu ,Permulaan imam Ahmad dalam rangka menuntut ilmu pada tahun 179 hijriah, pada saat itu beliau berusia empat
belas tahun, beliau menuturkan tentang dirinya, “ ketika aku masih anak-anak,
aku modnar-mandir menghadiri sekolah menulis, kemudian aku bolak-balik datang
keperpustakaan ketika aku berumur empat belas tahun.
Beliau mendapatkan pendidikannya yang pertama di kota Baghdad. Saat itu, kota Bagdad telah menjadi pusat peradaban dunia Islam, yang penuh dengan beragam jenis ilmu pengetahuan. Di sana tinggal para qari’, ahli hadits, para sufi, ahli bahasa, filosof, dan sebagainya.
Setamatnya menghafal Alquran dan mempelajari ilmu-ilmu bahasa Arab di al-Kuttab saat berumur 14 tahun, beliau melanjutkan pendidikannya ke ad-Diwan. Beliau terus menuntut ilmu dengan penuh semangat yang tinggi dan tidak mudah putus asa.
Beliau mendapatkan pendidikannya yang pertama di kota Baghdad. Saat itu, kota Bagdad telah menjadi pusat peradaban dunia Islam, yang penuh dengan beragam jenis ilmu pengetahuan. Di sana tinggal para qari’, ahli hadits, para sufi, ahli bahasa, filosof, dan sebagainya.
Setamatnya menghafal Alquran dan mempelajari ilmu-ilmu bahasa Arab di al-Kuttab saat berumur 14 tahun, beliau melanjutkan pendidikannya ke ad-Diwan. Beliau terus menuntut ilmu dengan penuh semangat yang tinggi dan tidak mudah putus asa.
Rihlah beliau,
Kecintaannya kepada ilmu begitu luar biasa. Karenanya, setiap kali mendengar
ada ulama terkenal di suatu tempat, ia rela menempuh perjalanan jauh dan waktu
lama hanya untuk menimba ilmu dari sang ulama. Kecintaan kepada ilmu juga yang
menjadikan beliau rela tak menikah dalam usia muda. Beliau baru menikah setelah
usia 40 tahun.
diantara negri yang beliau kunjungi adalah:
diantara negri yang beliau kunjungi adalah:
- Bashrah;
beliau kunjungi pada tahun 186 hijriah, kedua kalinya beliau mengunjungi
pada tahun 190 hijriah, yang ketiga beliau kunjungi pada tahun 194
hijriah, dan yang keempat beliau mengunjungi pada tahun 200 hijriah.
- Kufah;
beliau mengunjunginya pada tahun 183 hijriah, dan keluar darinya pada
tahun yang sama, dan ini merupakan rihlah beliau yang pertama kali setelah
keluar dari Baghdad.
- Makkah;
beliau memasukinya pada tahun 187 hijriah, di sana berjumpa dengan imam
Syafi’i. kemudian beliau mengunjunginya lagi pada tahun 196 hijriah, dan
beliau juga pernah tinggal di Makkah pada tahun 197, pada tahun itu
bertemu dengan Abdurrazzaq. Kemudian pada tahun 199 hijriah beliau keluar
dari Makkah.
- Yaman;
beliau meninggalkan Makkah menuju Yaman dengan berjalan kaki pada tahun
199 hijriah. Tinggal di depan pintu Ibrahim bin ‘Uqail selama dua hari dan
dapat menulis hadits dari Adurrazzaq.
- Tharsus;
Abdullah menceritakan; ‘ ayahku keluar menuju Tharsus dengan berjalan
kaki.
- Wasith;
Imam Ahmad menuturkan tentang perjalanan beliau; ‘ aku pernah tinggal di
tempat Yahya bin Sa’id Al Qaththan, kemudian keluar menuju Wasith.’
- Ar
Riqqah; Imam Ahmad menuturkan; ‘Di Riqqah aku tidak menemukan seseorang
yang lebih utama ketimbang Fayyadl bin Muhammad bin Sinan.’
- Ibadan;
beliau mengunjunginya pada tahun 186 hijriah, di sana tinggal Abu Ar Rabi’
dan beliau dapat menulis hadits darinya.
- Mesir;
beliau berjanji kepada imam Syafi’I untuk mengunjunginya di Mesir, akan
tetapi dirham tidak menopangnya mengunjungi imam Syafi’I di sana.
Hasil karya beliau
Diantara hasil karya Imam Bukhari adalah sebagai berikut :
Diantara hasil karya Imam Bukhari adalah sebagai berikut :
Al Musnad, Al ‘Ilal, An Nasikh wa al Mansukh, Az Zuhd, Al
Asyribah, Al Iman, Al Fadla`il, Al Fara`idl, Al Manasik, Tha’atu ar Rasul, Al
Muqaddam wa al mu`akhkhar, Jawwabaatu al qur`an, Haditsu Syu’bah, Nafyu at
tasybih, Al Imamah, Kitabu al fitan, Kitabu fadla`ili ahli al bait, Musnad ahli
al bait, Al asmaa` wa al kunaa, Kitabu at tarikh
Masih ada lagi buku-buku yang di nisbahkan kepada imam
Ahmad, diantaranya;
At tafsir. Adz Dzahabi berpendapat bahwa buku tersebut tidak
ada, Ar Risalah fi ash shalah, dan Ar Radd ‘ala al jahmiyyah.
Ada lagi beberapa hasil karya beliau yang di kumpulkan oleh
Abu Bakar al Khallal, diantaranya;
Kitabu al ‘illal, Kitabu al ‘ilmi, dan Kitabu as sunnah.
Wafatnya beliau
Pada permulaan hari Jumat tanggal 12 Rabi’ul Awwal tahun 241, beliau menghadap
kepada rabbnya menjemput ajalnya di Baghdad. Kaum muslimin bersedih dengan
kepergian beliau. Tak sedikit mereka yang turut mengantar jenazah beliau sampai
beratusan ribu orang. Ada yang mengatakan 700 ribu orang, ada pula yang
mengatakan 800 ribu orang, bahkan ada yang mengatakan sampai satu juta lebih
orang yang menghadirinya. Semuanya menunjukkan bahwa sangat banyaknya mereka
yang hadir pada saat itu demi menunjukkan penghormatan dan kecintaan mereka
kepada beliau.
Sumber : itmusmedia.com
kitab hadits fenomenal yang dikaran imam Ahmad yang berjudul Al Musnad |
Tidak ada komentar: